karyaku : cerpent :mana yang harus aku jalani...????

Rabu, 30 Juni 2010

siang itu aku ingin pulang kerumah,karena aku habis berkonfoi dan corat caoret pakaian di sekolah tercinta ku ( sma n 2 bojonegoro )untuk merayakan sebuah kemenangan besar menaklukkan ujian nasional.aku ingin pulang kerumah karena ingin memberikan kaber kelulusanku pada orang tua dan keluargu di desa tempat tinggalku.aku buru buru ambil sepeda ontel buntutku tercinta yang telah menemaniku selama sma,lalu aku kayuh dengan cepat berharap agar aku cepat sampai dirumah,berbekal kecepatan sepedaku yang kira2 15 km/JAM takterasa hawa angin sawah didesaku menyambutku benngan semilirnya.akupun tersenyum bagiah di jalan ketika di terpa semilirnya angin desaku di hatiku aku berkata ...oh nikmatnya hidup ini..setelah melewati hamparan sawah terlihatlah rumah yang sederhana nan kokoh peninggalan ayah tercintaku,ketika sudah sampai didepan rumah ku,aku buru butu ingin masuk dan ku sandarkan saja sepedahku di bawah pohon mangga depan runah.aku langsung masuk kerumah sambil mengucapakan salam dengan nada agak keras bersemangat..
asssaalammmualaiiiiikummmmm......buk..buk....
waaalaikumsalam ( jawab ibuku dan kakak perempuanku yang ada di belakang yang sedang masak ).

alhamdulilah buk.. aku lulus..teriyakku dengan pelan sambil melihatkan kertas tanda kelulussan sementara.ibuku pun terlihat sennyun senang dan bersyukur...lalu ibuku bertanya : lha konco-koncomu yo lulus kabeh (lha teman temanmu lulus semua..) ? inggih buk ( ya bu..)sma ku lulus 100 %.setelah aku menberikan kabar itu dan bicara panjang lebar aku pun ijin pada ibuku.buk... kulo bade teng kamar riyen ngih... ???.oo...yo le lang lerenno dhisik..jawab ibuku dengan nada sante dan agak bangga..aku pun langsung melepas pakaian dan ganti lalu tidur.selang beberapa jam..terdengar agak samar di telinga ku suara orang mengetuk pintu...dook...dokkk...suara ketokan pintu itupun semakin jelas ketika aku membuka mataku dan banggun..dook...dokk...le tanggi le..lhang ngasar wes jam papat lho...aku pu segerah menjawab ngihh buk ,sambil bangun dari tidur nyenyakku dan membuka pintu kamarku.aku pun langsung mandi..dan ambil wudhu dan sholat ashar.setelah sholat selesai dan kututup dengan doa,aku pun langsung berjalan ke rungtamu mau nyante..sebentar,tapi tak di sangka kakak perempuanku sudah duduk di kursi dan kelihatannya menuggui aku,aku yang masih berdiri,di sapa kakakku ; ji kesini to...aku mau tanya....? dengan nada pelan dan senyumya yang manis.oh..ya mbak ada apa....gi mana sekolahmu sudah lulus to..ya mbak...jawabku.lha terus mau kemana setelah ini...tanya mbakku dengan penasaran..aku pun agak binggung ditanya bekitu.....( didalam hati aku tak mungkin mengtakan ingin kuliah padahal mbayar sekolah aja aku harus nunggak beberapa bulan dulu baru bisa bayar,dan aku tak ingin membebani keluargaku lebih berat lagi ).aku kemarin ditawari kerja oleh paklek..jawabku dengan agak binggung dan dengan mantap. lha kerja apa to le...le....ya aku disuruh mbantu mbantu..di tokonya..kan lumayan rame..kakakku pun tersenyum dan berkata..gini lho le...klo saja aku laki laki..aku no ingin..mboh..kemana..no ...mencari ilmu yang banyak dan pengalaman di dunia luar,,sebabanya apa lo le...laki laki itu calon pemimpin mboh mimpin dirinya sendiri, keluarganya,atau bahkan kalo besok kao diberi amanat masyarakat memimpin sebuah organisasi pemerintah juga harus bisa memimpin,jadi sekarang pikirkanlah dulu dan aku dan ibu hanya bisa berharap engko menjadi orang yang sukses dan berilmu..aku pun diam dan berfikir betul apa ngak ?? ,perkataan kakakku tadi sambil manggut manggut menanggapi anjuran kakakku tadi...( 01-juli-2010 ).hari hari berlalu seperti biaasa,aku dirumah hanya bantu bantu ibu dipagihari lalunonton tv dan sorenya bermain sama teman temanku dan malamnya ngaji di kompleks pondoan dekkat desa ku, setelah itu ngopi.....ituuuuu...saja hari hariku bersama teman temanku seangkatan.tiba tiba terpikir olehku ,ternyata bosan ya .....lebih enak kalo sekolah ya.........ada teman banyak dan banyak tantangan yang di berikan guru seperti kerjakalompok,latihan membuat tugas, dll,tapi hanya pikiran saja aku tak tahu harus berbuat apa apa ?hanya omongan kakak ku yang masih dalam pikiran ku, terkadang itu benar tapi aku masih ragu ragu.dan suatu hari aku menyempatkan pergi kerumah pamanku untuk siroturohim dan menyampaikan kabar kelulusanku dan mau menanggapi tawarannya padaku.akupun pergi sendirian sambil bawa makanan untuk paklek yang dibawakan ibu ku,setelah sampai aku langsung masuk toko dari pintu belakang toko dan kulihat paklek sedang sibuk melayani pembeli,tapi dia sudahtahu kedatanganku karna kulihat dia menengok kebelakang sebentar tadi.setelah pembeli itu pergi paklek langsung menuju ke arahku sambil berkata ." piye lulus..."aku pun menjawab,"inggih lek,sambil menyerahkan makanan titipan ibuku"paklekku kaget.."apa ini" jajan,titipane ibuk....jawabku.oh.....lha bagaimana ,mau nerusin dimana ?aku pun menjawab," aku nu ingin nerusin ke pare,kediri,khursus bahasa inggris ",o....lha gak penak neng bojonegoro aja to le...disini juga ada kursusan bahasa inggris ...dan agar ngak memperbanyak biaya..e...kasihan ibumu ,,masak kamu mau nyusahin lagi..? eh itung itung,nanti kalo kamu bantu di toko ini kan,untungnya bisa buat kamu bayar sekolah dan lebihanya bisa buat jajan.tapi kalo kamu di kediri coba pikirkan biayanya,biaya sekolah,transport,makan,kost dan lain2 malah banyak biaya....!!!!sama sama sekolah disini sama disana .....wong paling paling jadi guru....ya to..!akupun hanya terdiam dan mantok2..sambil berfikir...benar juga ya.??? uu..westo pokoe.. enak enak..tambah paklek untuk meyakinkanku..setelah bicara panjang lebar aku pun pamit untuk pulang kerumah,sebelum pulang aku diberi uang buat jajan,aku pun tersenyun senang sambil mengupkan trimakasih lek,asalammualaikum.aku terus pulang dan dijalan aku terusberfikir 2 opini yang telah aq terima..mana yang harus aku jalani...????( 09 juli 2010 )

0 komentar: